Monday, April 18, 2016

Soal Teori Kinetik Gas dan Termodinamika

Soal Teori Kinetik Gas dan Termodinamika

Soal Teori Kinetik Gas dan Termodinamika
Pada kesempatan ini akan saya berikan soal2 latihan khusus untuk materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika. Bagi yang belum paham mungkin bisa baca: Teori Kinetik Gas dan Termodinamika.

Soal Teori Kinetik Gas dan Termodinamika

Oke langsung aja sobat kerjakan soal latihan berikut.

1.)Dalam ruang tertutup terdapat 2,76 L gas ideal bertekanan 2 atm. Jika partikel gas yang terdapat dalam ruangan tersebut adalah 10^23 molekul maka suhu gas tersebut adalah.. ( k= 1,38 x 10^-23 J/K)

2.)Sejumlah gas ideal menjalani proses isobarik(tekanan tetap) sehingga suhu Kelvinnya menjadi 4 kali semula. Volumenya menjadi n kalisemula, dengan n adalah... kali semula.

3.)Massa jenis suatu gas ideal pada suhu T dan tekanan p adalah X. Jika tekanan gas dinaikkan menjadi 2p dan suhunya diturunkan menjadi 0,5 T maka massa jenis gas adalah..

4.)Sebuah tabung gas yang mempunyai katup pengaman akan melepaskan gas dari dalam tabung apabila tekanannya mencapai 2 x 10^6 Pa. Pada suhu 10 derajat Celcius tabung ini dapat berisi gas tertentu dengan maksimum 15 kg. Apabila suhu dinaikkan menjadi 30 derajat celcius, berapa massa maksimum gas tersebut yang dapat tersimpan sekitar... kg.

5.)Sebuah tabung  yang volumenya 1 liter mempunyai lubang yang memungkinkan udara keluar dari tabung. Mula - mula suhu udara dalam tabung adalah 27 derajat C. Tabung tersebut kemudian dipanaskan hingga suhunya mencapai 127 derajat C. Perbandingan antara massa gas yang keluar dari tabung dan massa awalnya adalah...

6.)Sebanyak 3 liter gas argon dengan suhu 27 derajat C dan tekanan 1 atm (1 atm = 10^5 Pa) berada di dalam tabung. Jika konstanta gas umum 8,314 J/mol K dan banyaknya partikel dalam 1 mol adalah 6,02 x 10^23 partikel maka banyaknya partikel gas argon tersebut dalam tabung adalah ... partikel.

7.)Dua tabung diisi dengan gas berbeda tetapi keduanya berada pada suhu yang sama. Diketajui M1 dan M2 adalah berat molekul kedua gas itu, besar momentum rata-rata molekul kedua gas, yaitu P1 dan P2 akan terkait satu sama lain dengan rumus...

8.)Jika volume gas ideal diperbesar 2x dari volume semula, ternyata energi dalamnya menjadi 4x semula, berarti tekanan akhir gas tersebut menjadi... kali semula.

9.)Diketahui suhu dalam ruangan tertutup adalah 27 K. Jika energi kinetik partikel gas diubah menjadi 9 kali semula maka suhu ruangan menjadi... K.

10.)Diketahui suatu molekul gas ideal mempunyai energi kinetik Ek pada suhu 127 derajat C. Jika energi kinetik menjadi 2 kali energi kinetik semula maka suhunya menjadi... derajat C.

11.)Suatu gas dalam ruang tertutup secara tiba-tiba dimampatkan secara adiabatis sehingga volumenya menjadi 0,5 dari volume awal. Jika suhu gas mula-mula T, banyaknya gas 1 mol, R tetapan umum gas, konstanta Laplace gas tersebut 3/2, usaha yang dilakukan oleh gas adalah...

12.)Kalor sebesar 3000 J ditambahkan pada sistem dan dilakukan kerja 1200 J pada sistem. Perubahan energi dalam sistem adalah... J

13.)Suatu gas menyerap kalor sebesar 1600 J dari lingkungannya. Pada saat yang sama usaha sebesar 2000 J dilakukan kepada gas tersebut. Perubahan energi dalamnya adalah.. J

14.)Sejumlah gas ideal bermassa m menjalani proses pada tekanan tetap P. Jika volumenya berubah dari V1 menjadi V2 dan suhunya berubah dari T1 menjadi T2, sedangkan Cp adalah kalor jenis pada p tetap, dan dan Cv adalah kalor jenis pada V tetap maka perubahan energi dalamnya adalah...

15.)Sebuah mesin Carnot bekerja pada suhu antara 800 K dan 450 K, serta membuang energi panas sebesar 1 kJ setiap siklusnya. Usaha mesin pada setiap siklusnya adalah..

16.)Suatu pesawat pendingin Carnot mempunyai koefisien kinerja 6,5. Jika reservoir yang tinggi = 27 derajat C maka reservoir yang bersuhu rendah adalah...

17.)Suatu mesin menerima 200 kalori dari sebuah reservoir bersuhu 400 K, dan melepaskan 175 kalori ke sebuah reservoir lain yang suhunya 320 K. Efisiensi mesin itu adalah... %

18.)2,5 liter gas helium yang bersuhu 27 derajat C dipanaskan secara isobarik sampai 87 derajat C. Jika tekanan gas helium 2 x 10^5 N/m^2, gas helium melakukan usaha luar sebesar... joule.

19.)Agar kecepatan rata-rata partikel gas ideal menjadi 3 kali maka suhu mutlak gas dijadikan... kali.

20.)Dalam suatu ruang terdapat 800 miligram gas dengan tekanan 10^5 N/m^2. Kelajuan rata-rata partikel gas tersebut 750 m/s maka volume ruangan tersebut adalah... m^3.

Sekian semoga soal-soal diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah kemampuan sobat dalam mengerjakan soal-soal ujian kedepannya. 


Terima kasih bagi yang sudah mampir ke blog ini.

0 comments:

Post a Comment